Bagaimana mengolah Pakasam/Ikan samu Nikmat

Pakasam/Ikan samu. Pekasam ialah sejenis makanan permentasi tradisional yang terkenal dan tahan lama dalam masyarakat melayu. Ini juga merupakan cara untuk mengawetkan makanan. samu iwak halus besanga bahan bahan : -samu ikan kecil -bawang merah -cabe merah & cabe hijau -gula -garam ( secukupnya, karena ikan sudah asin) -msg. Pakasam atau jukut adalah menu masakan khas dari Suku Banjar, provinsi Kalimantan Selatan.

Pakasam/Ikan samu Ada berbagai jenis ikan yg dipakai, tp utk kali ini saya beli ikan BANJARMASINPOST. ID, BANJARMASIN - Inovasi Ikan Samu Asap Nor Jannah mampu. CARA PEMBUATAN pakasam atau ikan samu makanan khas kalsel banjar. Kalian bisa belajar mengolah Pakasam/Ikan samu menggunakan 9 bahan dan 4 langkah. ini cara kamu memasak.

Berikut bahan Pakasam/Ikan samu

  1. kamu butuh 1/4 kg ikan samu.
  2. menyiapkan Bumbu.
  3. kamu butuh 5 siung bawang merah.
  4. menyiapkan 4 siung bwang putih.
  5. menyiapkan 2 cabe hijau.
  6. menyiapkan 2 cabe merah.
  7. kamu butuh 2 sdm gula pasir.
  8. kamu butuh Secukupnya garam/kaldu ayam bubu.
  9. berikut secukupnya Minyak goreng.

Ada berbagai jenis ikan yg dipakai, tp utk kali ini saya beli ikan. Anda tahu iwak pakasam atau iwak samu ? Pakasam atau iwak samu juga dapat dibuat dari ikan yang berukuran sedikit lebih besar seperti papuyu (betok) dan haruan (gabus). CARA PEMBUATAN pakasam atau ikan samu makanan khas kalsel banjar.

berikut langkah cara mengolah Pakasam/Ikan samu

  1. Siapkan bumbu dipotong-potong dan ikan.
  2. Panaskan minyak agak banyak ya. Lalu masukkan ikan tanpa dicuci ya..
  3. Jika dirasa sudah setengah matang masukkan bumbu. Tambahkan gula dan garam.
  4. Tes rasa. Cenderung manis gurih. Jika dirasa pas dan matang siap disajikan..

Tugas PKWU(Membuat Iwak Pakasam atau Iwak Samu). Pakasam berbahan dasar ikan yang diasinkan melalui proses permentasi dengan garam. Di beberapa daerah ada yang menyebutnya Pekasam atau Iwak Samu. Ikan nila adalah hewan omnivora yang memakan baik tumbuhan maupun hewan. Pakan ikan nila terbagi menjadi dua, alami dan pelet.

Komentar