Resep: Sambal tempoyak khas jambi Gurih

Sambal tempoyak khas jambi. Liburan ke Jambi rasanya kurang lengkap kalau tidak makan tempoyak. Makanan yang populer di Sumatra ini punya rasa asam dengan aroma yang khas. Tempoyak bakal makin nikmat ketika disantap bareng nasi hangat.

Sambal tempoyak khas jambi Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri). Brengkes tempoyak Jambi merupakan salah satu makanan khas yang menarik. kamu bisa belajar memasak Sambal tempoyak khas jambi menggunakan 10 bahan dan 3 langkah. ini cara Kalian mengolah.

Berikut bahan Sambal tempoyak khas jambi

  1. berikut 2 siung bawang putih.
  2. berikut Tempoyak secukupnya sesuai selera (saya 5 sdm).
  3. berikut 4 butir bawang merah.
  4. kamu butuh 3 buah cabe merah.
  5. berikut Secukupnya cabe rawit (tambahkan jika suka pedas).
  6. menyiapkan 1/2 sdt gula pasir.
  7. berikut 1/2 sdt garam.
  8. kamu butuh Secukupnya minyak goreng.
  9. berikut Secukupnya air.
  10. kamu butuh Bahan tambahan : ikan teri,atau patin(saya skip).

Bagaimana tidak menarik, karena makanan khas ini terbuat dari durian yang difermentasi yang kemudian dicampur dengan bumbu untuk menjadi penyedap sambal. Biasanya brengkes tempoyak Jambi berbentuk mirip makanan pepes. Brengkes tempoyak Jambi ada yang dari ikan Patin, udang dan ikan nila. Inilahjambi- Tempoyak merupakan makanan khas provinsi Jambi.

berikut petunjuk cara mengolah Sambal tempoyak khas jambi

  1. Siapkan bahan,haluskan bawang merah,bawang putih dan cabe.
  2. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu hingga harum,kemudian masukkan tempoyak,aduk agar tercampur rata dengan bumbu,tambahkan garam gula pasir dan sedikit air masak hingga matang kira 2 sampai 3 menit,jangan lupa koreksi rasa,angkat dan sajikan,boleh juga ditambahkan teri goreng atau ikan sesuai selera.
  3. Sajikan dengan nasi hangat.

Makanan ini diolah dari fermentasi buah durian yang kemudian di masak layaknya gulai. Di Sumatera sendiri, tempoyak bukan lagi makanan yang asing. Beberapa provinsi selain Jambi pun bahkan menyediakan menu makanan ini di rumah makan setempat. Sambal tempoyak khas jambi #Pekaninspirasi masih berada di Jambi nih moms.yang kulinernya ngga beda jauh dari Palembang ,Lampung ,Bengkulu ,karena secara geografis juga berdekatan.jadi untuk urusan kuliner ya hampir sama.seperti sambal tempoyak ini.yang bahannya terbuat dari fermentasi buah durian yang diberi bumbu c. America's Got Talent Recommended for you Salah satu makanan khas Jambi yang mesti dicoba yaitu Pempek Sambal asal Sengeti Seberang, Muaro Jambi.

Komentar