Bagaimana mengolah Tempoyak (sambal durian) Nikmat

Tempoyak (sambal durian). Sambal durian yang berasa gurih cocok di makan dengan lalapan. Bahan-bahan: - cabe merah - cabe hijau - cabe rawit - bawang merah - bawang putih - jahe. Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi.

Tempoyak (sambal durian) Karena asam dan masih ada rasa manisnya. Bagi masyarakat Melayu di Bengkulu, Palembang, Lampung, Kalimantan dan Semenanjung Tempoyak biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap. Tempoyak nan lezat dan aromanya yang khas hanya menjadi hidangan khas di beberapa daerah terutama daerah yang subur penghasil durian (duren). kamu bisa belajar memasak Tempoyak (sambal durian) menggunakan 12 bahan dan 4 langkah. ini cara Kalian membuat.

Berikut bahan Tempoyak (sambal durian)

  1. menyiapkan 200 gr tempoyak.
  2. kamu butuh bumbu halus.
  3. kamu butuh 25 cabe merah.
  4. berikut 15 cabe rawit(sesuai selera).
  5. menyiapkan 4 bawang merah.
  6. berikut 3 bawang putih.
  7. berikut 1 ruas kunyit.
  8. kamu butuh pelengkap.
  9. kamu butuh 50 gr ikan teri.
  10. berikut 2 batang serai geprek.
  11. kamu butuh 3 sdt masako(sesuaikan).
  12. menyiapkan 1 sdt gula.

Sambal tempoyak memiliki rasa asam pedas, berasal dari sambal yang melewati proses Tempoyak atau durian yang telah difermentasi dibuat dengan mencampurkan daging buah durian. Tempoyak adalah jenis makanan dari bahan dasar buah durian atau duren fermentasi yang dapat diolah menjadi makanan lezat seperti; sambal, campuran pais atau pepes ikan. Tempoyak Mengawetkan Durian Tahan Lama Durian To Last Long. Sambal Tempoyak Ummi ni boleh dimakan terus bersama nasi sebagai penambah selera ataupun boleh dimasak pelbagai hidangan contohnya seperti pais tempoyak atau gulai tempoyak.

berikut langkah cara mengolah Tempoyak (sambal durian)

  1. Cuci dan goreng teri setengah mateng, tiriskan.
  2. Giling smua bumbu halus, lalu ditumis hingga wangi jangan lp masukan serai, masukan teri aduk sampe rata.
  3. Masukan tempoyak aduk hingga rata beri 1 gelas air, dan penyedap, lalu gula, aduk hingga rata, dan sampai seperti mendidih, icip2 sesuaikan rasa asinya, tiriskan.
  4. Siap dicocol pake rebusan2 daun(daun singkong, daun pepaya, dll).

Berbalik pada Sambal Tempoyak, rahsianya ialah penggunaan isi durian yang baru yang masih manis. Buang biji dan hancurkan isi durian, masukkan dalam bekas dan simpan dalam peti sejuk. Ambil daging buah durian atau duren, masukan ke dalam guci atau stoples sembari bubuhi garam secukupnya,lalu..nila sambal tempoyak berasal dari sambal tempoyak tempe sambal temp Tempoyak merupakan salah satu makanan khas jambi/melayu yang terbuat dari fermentasi buah durian, sehingga. Fermented durian, or tempoyak, is a traditional condiment in Malaysia and Indonesia often mixed The flavor of tempoyak varies a lot and can be mildly sweet and sour or extremely pungent and bit. Tidak seperti biasanya, buah durian tidak diolah menjadi pancake, jus, klapertart atau makanan manis lainnya.

Komentar