Resep: Oseng iwak samu pakasam haruan Gurih

Oseng iwak samu pakasam haruan. Iwak Karing Batanak Khas Banjar Kalimantan Selatan COM - Iwak Pakasam alias iwak samu adalah makanan khas suku Banjar. Pakasam adalah ikan air tawar yang ikan yang difermentasikan.

Oseng iwak samu pakasam haruan Urang Banjar atau masyarakat suku banjar asli yang mendiami daerah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan wilayah lainnya pasti mengenal makanan yang satu ini. Ikan digunakan adalah ikan sungai macam seluang, sepat, papuyu, haruan. Alhamis ba ta kare ba sai da aka samu labarin yadda Kasar Hadaddiyar Daular Larabawa UAE ta miƙa dan Najeriyar nan da ake zargi da damfara, Raymond Igbalode Abbas da aka fi sani da Hushpuppi, ga hukumar bincike ta FBI a Amurka. 'Yan sandan Dubai ne suka sanar da hakan a wani sako da suka. kamu bisa belajar mengolah Oseng iwak samu pakasam haruan menggunakan 10 bahan dan 13 langkah. ini cara Kalian mengolah.

Berikut bahan Oseng iwak samu pakasam haruan

  1. kamu butuh 250 gr ikan samu haruan.
  2. berikut 5 butir bawang merah, iris.
  3. berikut 1 batang daun bawang.
  4. kamu butuh 1 cabe merah, iris serong.
  5. berikut 1 cabe hijau, iris serong.
  6. menyiapkan 3 belimbing wuluh, belah dua.
  7. kamu butuh 1 tomat mengkal, belah, potong tebal.
  8. berikut 3 sdm air.
  9. menyiapkan Gula.
  10. kamu butuh Garam.

Tugas PKWU(Membuat Iwak Pakasam atau Iwak Samu). Ada berbagai jenis ikan yg dipakai, tp utk kali ini saya beli ikan pakasam saluang. Ini adalah olahan yang biasanya diterapkan pada ikan haruan (gabus) dan ikan papuyu (betok). Samu Rai. أُولَـئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَـئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ. «Воистину, мы принадлежим Аллаху, и к ему мы вернемся».

berikut petunjuk cara mengolah Oseng iwak samu pakasam haruan

  1. Siapkan ikan samu. Tidak perlu dicuci.
  2. Potong agak besar sesuai selera..
  3. Goreng dalam minyak panas hingga kering..
  4. Tiriskan..
  5. Siapkan bumbu osengnya.
  6. Tumis bawang merah hingga harum..
  7. Masukkan dayn bawang atau daun pre. Tumis hingga layu..
  8. Masukkan cabe merah dan hijau. Tumis hingga layu.
  9. Masukkan tomat dan belimbing. Tumis hingga juicy.
  10. Masukkan ikan samu yang telah digoremg tadi..
  11. Aduk hingga rata..
  12. Tambahkan 3sdm air supaya tidak mudah gosong. Sambil diaduk bumbui gula. Koreksi rasa. Garam ditambahkan terakhir karena ikan samu biasanya agak asin sedikit..
  13. Siap disajikan..

Langkah pertama untuk mengolah iwak pakasam, yakni dengan membersihkan ikan dan melumurinya dengan garam maupun beras yang sudah ditumbuk kasar, masyarakat Banjar menyebutnya samu. Setelahnya masukkan ikan ke dalam tempat tertutup dan diamkan selama beberapa waktu. Tidak sulit untuk membuat iwak pakasam. Barangkali, olahan ini disebut pakasam karena rasanya yang sedikit asam. Disebut iwak samu karena tampilannya sewaktu masih mentah khas, dibaluri samu atau serbuk beras yang telah disangrai dan diberi sedikit kunyit.

Komentar