Resep: Sambal Tempoyak Khas Jambi Enak

Sambal Tempoyak Khas Jambi. Sambal Tempoyak khas Jambi dibuat dari durian matang yang difermentasi dan dipadukan dengan cabai dan bumbu Sambal Tempoyak Maugi dapat diperoleh di Sentra Oleh Oleh Jambi Jl. Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi.

Sambal Tempoyak Khas Jambi Tempoyak merupakan hasil fermentasi dari buah durian yang sudah matang. Tempoyak adalah makanan khas Jambi yang menggunakan bahan utama berupa durian yang difermentasi. Orang Jambi juga tak jarang menggunakan tempoyak sebagai bahan campuran dalam membuat sambal. Kita bisa belajar mengolah Sambal Tempoyak Khas Jambi menggunakan 13 bahan dan 7 langkah. ini cara kamu mengolah.

Berikut bahan Sambal Tempoyak Khas Jambi

  1. menyiapkan 250 gram/ 4 Sdm tempoyak.
  2. kamu butuh 250 gram ikan teri basah(teri kering juga boleh 100 gram).
  3. kamu butuh Secukupnya minyak goreng.
  4. menyiapkan 1/2 gelas air.
  5. menyiapkan 1/2 Sdm garam.
  6. kamu butuh 2 papan petai.
  7. berikut 3 Sdm gula pasir(tergantung keasaman tempoyaknya ya).
  8. kamu butuh Bahan Bumbu.
  9. kamu butuh 100 gram cabe merah.
  10. menyiapkan 1 cm kunyit.
  11. berikut 1 cm jahe.
  12. menyiapkan 3 siung bawang merah.
  13. berikut 2 siung bawang putih.

Tempoyak mempunyai cita rasa asam yang khas dengan tekstur daging buah. Proses memasak tempoyak khas Jambi juga sangat mudah, cukup menyiapkan ikan segar, cabai, kunyit dan serai. TV - Saat musim Durian tiba, tidak saja disantap buahnya di jambi buah durian yang tidak termakan bisa difermentasi untuk tahan lama, namanya tempoyak. Ya, Tempoyak adalah hidangan khas kota jambi yang terbuat dari buah durian hasil fermentasi, biasanya dicampur dengan ikan segar dari Sungai Batanghari.

berikut petunjuk cara memasak Sambal Tempoyak Khas Jambi

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Blender/haluskan cabe dan bumbu lainya.
  3. Cuci bersih ikan teri, kupas petai belah dua.
  4. Panaskan minyak tumis semua bumbu halus, masukan petai dan tempoyak.
  5. Aduk jngan sampai gosong, masukan ikan teri, tambahkan air.masak ± 10 menit..
  6. Tambahkan garam dan gula, masak lagi ± 5 menit hingga kadar air berkurang dan cukup mengental..
  7. Angkat dan sajikan.

Akan tetapi, tempoyak juga bisa dihidangkan tanpa ikan. Rasa tempoyak memang sedikit asam dan aroma durianya lumayan pekat. Memiliki aroma yang menyengat, tempoyak biasanya dijadikan sambal atau dihidangkan dengan olahan ikan. Tempoyak biasanya juga dipadukan dengan ikan patin, ikan teri, ikan toman, ikan baung, atau ikan khas Jambi lainnya. Meski begitu, di Jambi sendiri biasanya sering menggunakan ikan.

Komentar