Resep: Sambal tempoyak khas Bengkulu Nikmat

Sambal tempoyak khas Bengkulu. Haiii. kali ini Cally dan nala mukbang makan sambal durian alias tempoyak, salah satu malanan khas Bengkulu ya g terbuat dari durian. kalian ikuti terus. #SambelTempoyak #Tempoyak #SambelKhasBemgkulu Sambel tempoyak dalah sambal khas bengku dimana bahan bahannya satu buah duren mateng yg sudah dipremtasi. Durian adalah buah yg istimewa, dibikin kue bisa.dibikin gulai,lauk juga sangat enak.tempoyak salah satunya. Tempoyak dikenal di Indonesia, terutama di Bengkulu, Palembang, Lampung, Sumatra Barat Masakan khas Palembang berupa tempoyak ikan patin yang bercita rasa manis dan pedas.

Sambal tempoyak khas Bengkulu Tempoyak merupakan hasil fermentasi dari buah durian yang sudah matang. Tempoyak adalah makanan khas daerah Sumatera. Lauk in berbahan baku dasar durian. kamu bisa belajar membuat Sambal tempoyak khas Bengkulu menggunakan 9 bahan dan 4 langkah. ini cara kamu membuat.

Berikut bahan Sambal tempoyak khas Bengkulu

  1. menyiapkan 2 ons daging durian (tempoyak).
  2. kamu butuh 1/4 kg udang.
  3. berikut 1/2 liter santan.
  4. kamu butuh 5 butir bawang merah.
  5. berikut 2 cm lengkuas.
  6. menyiapkan 2 cm kunyit.
  7. berikut 1 tangkai sereh (memarkan).
  8. berikut 1/2 sdm garam.
  9. berikut 1/4 sdm gula.

Mungkin bagi orang dari luar Sumatera, mendengar durian menjadi bahan baku sambal akan menjadi asing. Di Bengkulu, masyarakat lokal memiliki cara menyimpan temmpoyak sehingga awet sepanjang tahun. Tempoyak (Jawi: تمڤويق), asam durian or pekasam is a Malay condiment made from fermented durian. It is usually consumed by the ethnic Malays in Maritime Southeast Asia, notably in Indonesia and Malaysia.

berikut petunjuk cara mengolah Sambal tempoyak khas Bengkulu

  1. Cuci udang sampai bersih lalu sisihkan, haluskan bawang merah, lengkuas serta kunyit,.
  2. Didihkan santan lalu masuk kan bumbu halus tersebut, aduk-aduk dan masukkan daging durian (tempoyak) dan udang.
  3. Beri garam, gula pasir dan sereh. Aduk rata selanjutnya angkat dan sajikan dalam mangkuk.
  4. Sambal tempoyak khas Bengkulu siap di hidangkan.

Ada juga makanan khas Bengkulu tempoyak berbahan dasar fermentasi dari buah durian. Tempoyak terkenal di Bengkulu adalah tempoyak yang diolah Jika tempoyak terbuat dari fermentasi buah durian, sedangkan lema diolah dari adonan rebung atau bambu muda cincang yang dicampur dengan. Selanjutnya ada makanan khas Bengkulu tempoyak yang berbahan dasar fermentasi buah durian. Tempoyak yang terkenal di Bengkulu adalah tempoyak yang diolah bersama dengan ikan patin. Sama dengan tempoyak, makanan khas Bengkulu lema juga terbuat dari fermentasi.

Komentar