Bagaimana memasak Gulai Taboh Ikan Tuna khas Lampung Nikmat

Gulai Taboh Ikan Tuna khas Lampung. Kita dari SMA Persada Bandar Lampung, membuat masakan khas Lampung yaitu Gulai taboh. Hehe enjoy, selamat mencobaa!🤍 IG: @dheafni.nd @hannyzhrn. Bedanya, gulai taboh ini menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya.

Gulai Taboh Ikan Tuna khas Lampung Yang pertama menggunakan bahan dasar ikan laut yang ditambahkan sayuran. Gulai taboh menjadi menu wajib dalam setiap upacara-upacara adat masyarakat Lampung. Maka tak mengherankan jika menu yang satu ini menjadi menu andalan dan setiap perhelatan akbar. Kita bisa belajar membuat Gulai Taboh Ikan Tuna khas Lampung menggunakan 15 bahan dan 3 langkah. ini cara Kalian membuat.

Berikut bahan Gulai Taboh Ikan Tuna khas Lampung

  1. menyiapkan 500 gram ikan tuna (atau ikan apa saja).
  2. menyiapkan 8 siung bawang merah (haluskan).
  3. menyiapkan 4 siung bawang putih (haluskan).
  4. menyiapkan 10 bh cabe rawit (sesuai selera).
  5. berikut 3 butir kemiri (haluskan).
  6. berikut kunyit secukupnya (haluskan).
  7. kamu butuh 1 batang serai (geprek).
  8. kamu butuh secukupnya lengkuas (geprek).
  9. menyiapkan 5 buah belimbing wuluh (iris).
  10. berikut secukupnya kemangi (siangi).
  11. menyiapkan 200 ml santan kental.
  12. kamu butuh jeruk nipis/lemon.
  13. menyiapkan secukupnya garam.
  14. berikut secukupnya gula.
  15. kamu butuh penyedap (opsional).

Namun, jangan khawatir untuk Anda yang ingin menikmati masakan gulai taboh ini, Anda bisa membuatnya. Jenis ikan yang umum digunakan yaitu ikan tongkol atau ikan tuna. Gulai taboh memiliki arti 'gulai santan' dan jadi makanan khas Lampung tepatnya dari Pesisir Salah satu makanan khas Lampung yang wajib dicoba yaitu Tempoyak, hidangan yang berasal dari olahan buah durian yang difermentasi. Gulai Taboh adalah makanan khas dari Provinsi Lampung yang sangat enak, siapa kira makanan berkuah yang satu ini sudah banyak yang menggemarinya tidak hanya dari Lampung tapi bahkan beberapa masyarakat Indonesia sudah pernah mencicipinya.

berikut petunjuk cara memasak Gulai Taboh Ikan Tuna khas Lampung

  1. Bersihkan ikan tuna, cuci hingga bersih, beri air perasan jeruk nipis/lemon untuk menghilangkan amis pada ikan, biarkan selama 5 menit..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, kemiri, dan garam. Setelah halus tumis bumbu bersama serai dan laos hingga matang..
  3. Setelah bumbu matang tambah air kemudian masukkan ikan, beri gula dan penyedap. Masak selama 5 menit, kemudian masukan santan bersama belimbing wuluh. Tunggu hingga mendidih aduk perlahan agar santan tidak pecah. Terakhir masukan daun kemangi, tes rasa. Gulai ikan siap di hidangkan.

Gulai taboh khas Lampung punya tampilan mirip sayur lodeh. (Foto: instagram.com/niamarhena). "Salah satu menu makanan khas Lampung yang terkenal dan merupakan bagian dari leluhur suku Ada dua jenis gulai taboh, yaitu gulai taboh yang menggunakan bahan dasar ikan laut dengan. Gambar Gulai Taboh Ikan Khas Lampung Liwa. Taboh menurut bahasa Lampung berarti santan. Menu itu terbuat dari bahan utama ikan gabus atau ikan nila. Sajiannya bisa utuh satu ekor ikan yang telah dipanggang atau dipotong dadu.

Komentar