Resep: Mie caluk khas Aceh Lezat

Mie caluk khas Aceh. Di Aceh di kenal dengan mie CALUK dan biasanya di gunakan sebagai pelengkap lontong sayur dan lontong pecel Buat kalian yang suka dengan video ini jangan. Mie aceh or mi aceh is an Acehnese curried spicy noodle dish, specialty of Acehnese people from Aceh region, Indonesia. The thick yellow noodle are served with slices of beef, goat meat or seafood.

Mie caluk khas Aceh Sebagaimana namanya Mi Caluk merupakan makanan berbahan dasar utama Mi yang disajikan dengan siraman kuah kental saus cabai berbumbu. Aceh menawarkan ragam wisata kuliner dengan berbagai macam hidangan tradisional yang memanjakan lidah. Seporsi mie caluk nan lezat bisa kamu cicipi di Mie caluk Bang Baka yang berlokasi Jalan Imam Bonjol, Kampung Baru, Baiturrahman, Kota Banda. kamu bisa belajar memasak Mie caluk khas Aceh menggunakan 20 bahan dan 6 langkah. ini cara Kalian memasak.

Berikut bahan Mie caluk khas Aceh

  1. kamu butuh 1 bungkus mie lidi.
  2. menyiapkan 3 sdm air asam jawa.
  3. menyiapkan 250 gram kacang tanah.
  4. menyiapkan 250 gram kol(secukupnya).
  5. menyiapkan 250 gram sawi hijau.
  6. menyiapkan 100 gram daun bawang dan seledri(potong halus).
  7. berikut 10 siung bawang merah.
  8. kamu butuh 5 siung bawang putih.
  9. kamu butuh 10 buah cabe rawit merah(pedas tergantung selera).
  10. menyiapkan 3 butir kemiri.
  11. kamu butuh 250 gram gula merah(secukupnya).
  12. menyiapkan 1000 ml air untuk merebus.
  13. kamu butuh 150 ml santan kental(bisa memakai santan kara).
  14. kamu butuh secukupnya Garam.
  15. menyiapkan secukupnya Penyedap.
  16. kamu butuh secukupnya Minyak untuk menumis.
  17. berikut Pelengkap:.
  18. berikut Bawang goreng.
  19. menyiapkan Ketimun.
  20. berikut Kerupuk (kalaw ada emping lebih baik).

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Mi caluk khas Aceh terbuat dari mi lidi yang digoreng dan dibalur dengan cabai rawit serta udang kecil. Mie Aceh is spicy noodle dish originated in Aceh region in Indonesia. This is a stir-fried version and slightly saucy with great flavors from spices. To be honest though, I have never been to Aceh myself even though it is located in the same province as the little hometown I lived in. berbeda dengan mie Aceh yang digoreng atau direbus.

berikut langkah cara membuat Mie caluk khas Aceh

  1. Tuang air kedalam panci tunggu hingga mendidih,kemudian masukan mie lidi rebus hingga matang,kemudian tiriskan dan siram dengan sedikit minyak agak mie lidi tidak lengket ketika diingi.
  2. Tumis halus bawang merah bawang putih kemiri dan merica,jika sudah wangi masukan mie lidi,kol dan sawi,bawang daun dan seledri,tambahkan garam,gula dan penyedap masak hingga matang,sisihkan.
  3. Giling halus kacang tanah yang sudah di goreng terlebih dahulu,bawang merah,bawang putih,cabe rawit,kemiri (jangan terlalu halus untuk kacangnya agar tekstur kacang tetap terasa).
  4. Masukan 150 ml air kedalam panci,masukan bumbu kacang yang sudah di haluskan tadi,tambahkan santai,perasan air asam jawa,garam gula merah dan penyedap secukupnya(pedas manis asam) masak hingga kental sisihkan.
  5. Di wadah terpisah siapkan mie lidi yang sudah dimasak,beri siraman bumbu kacang,irisa ketimun,bawang goreng,dan kerupuk.
  6. Mie caluk aceh siap di santap bersama keluarga.

Mie caluk juga menjadi masakan favorit masyarakat Aceh karena mie ini menggunakan Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan mie caluk juga menggunakan bahan rempahan, sehingga rasa dan aromanya sangat khas dan menggoda. Rendang Padang - Masak Rendang Daging Partai Besar Dengan Kayu ~ Country Style Beef Rendang II CLK Jejak Si Gundul Sambal Pedas Mantab Asli Surabaya Yuk, Lihat Proses Pembuatan KERUPUK KUPING Yang Legendaris Nasi Goreng "ACEH" paling LAZIEZ !! Thus, sellers of mi caluk are often found in makeshift stalls, and do not have stalls in a food court as ^ "Resep Mie caluk (mie lidi) oleh melda". Mie Aceh sangat cocok bagi pecinta pedas. Olahan mie khas nusantara dengan bumbu pedas dan daging lezatnya ini bisa dibuat lewat resep mie Aceh andalan.

Komentar