Resep: Tempoyak sedap mantap khas Jambi Gurih

Tempoyak sedap mantap khas Jambi. TV - Saat musim Durian tiba, tidak saja disantap buahnya di jambi buah durian yang tidak termakan bisa difermentasi untuk tahan lama, namanya. Di zaman dahulu, #Resep - resep juga beredar dengan cara lisan sehingga beberapa bagian di atas juga hilang dan kadang-kadang menimbulkan variasi masakan. Ya, Tempoyak adalah hidangan khas kota jambi yang terbuat dari buah durian hasil fermentasi, biasanya dicampur dengan ikan segar dari Sungai Batanghari.

Tempoyak sedap mantap khas Jambi Main Ke Jambi itu paling enak kalau berwisata kuliner. Terbuat dari fermentasi durian, tempoyak punya rasa asam yang sedap. Dipadukan dengan nasi, rasanya jadi mantap. Kalian bisa belajar memasak Tempoyak sedap mantap khas Jambi menggunakan 6 bahan dan 6 langkah. ini cara Kalian membuat.

Berikut bahan Tempoyak sedap mantap khas Jambi

  1. menyiapkan 500 gram ikan nila/patin.
  2. kamu butuh 30 batang cabe rawit (sesuai selera pedas ya bund..).
  3. menyiapkan 5 batang cabe merah.
  4. berikut 1 ruas kunyit.
  5. berikut 1 batang sereh geprek.
  6. menyiapkan secukupnya garam dan penyedap rasa.

Tempoyak adalah makanan khas Jambi yang menggunakan bahan utama berupa durian yang difermentasi. Tempoyak adalah bumbu yang biasa disajikan sebagai aluk dan dimakan bersama nasi. Orang Jambi juga tak jarang menggunakan tempoyak sebagai bahan campuran dalam. Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi.

berikut petunjuk cara mengolah Tempoyak sedap mantap khas Jambi

  1. Giling cabe rawit dan merah, beserta kunyit. setelah halus masukkan tempoyak. Ulek sampai tempoyak tercampur dg cabe.
  2. Tumis bumbu halus kemudian masukkan sereh. Tumis bumbu sampai harum.
  3. Setelah bumbu harum masukkan ikan nila/patin. Diam kan sebenta.
  4. Beri air sedikit sesuai keinginan kental atau tidak kuah tempoyaknya.
  5. Masak sampai ikan matang.
  6. Setelah matang siap disajikan buat keluarga tercinta.

Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak adalah makanan khas daerah Jambi yang terbuat dari durian yang difermentasi. Biasanya, durian dimasak menjadi makanan ringan atau dessert karena rasanya manis. Namun, tempoyak di Jambi dimakan sebagai lauk untuk disantap bersama nasi. Meski ikan baung menjadi ciri khas Tempoyak khas Jambi, namun karena harga dan keberadaannya yang mulai langka, masyarakat kini lebih banyak menggunakan ikan patin atau ikan toman sebagai campuran dari tempoyak.

Komentar