Resep: Iwak samu/pekasam sapat dan ikan jelawat Enak

Iwak samu/pekasam sapat dan ikan jelawat. .samu /pekasam adalah salah satu metode pengawetan ikan yang di lakukan di kalimantan selatan khususnya daerah hulu sungai dengan samu iwak halus besanga bahan bahan : -samu ikan kecil -bawang merah -cabe merah & cabe hijau -gula -garam ( secukupnya, karena ikan sudah asin) -msg. Iwak samu merupakan makanan khas banjarmasin yg bisa membuat orang tergila gila menikmatinya. Ikan basah dengan taburan beras sangrai dan garam yang telah.

Iwak samu/pekasam sapat dan ikan jelawat Kalau lama di luar daerah pasti kangen dengan olahan ikan yang satu ini. Di beberapa daerah ada yang menyebutnya Pekasam atau Iwak Samu. Ikan yang akan dijadikan Pakasam bisa jenis apa saja. Kalian bisa belajar membuat Iwak samu/pekasam sapat dan ikan jelawat menggunakan 3 bahan dan 8 langkah. ini cara Kita membuat.

Berikut bahan Iwak samu/pekasam sapat dan ikan jelawat

  1. kamu butuh 1/4 ikan sepat,bersihkan dan cuci.
  2. berikut secukupnya Garam.
  3. menyiapkan 1 genggam beras,cuci,sangrai.

Sup Petola Suun Dan Bebola Ikan Resepi. Cara Membuat Ikan Pekasam Homemade Fermented Pekasam Fish Resepi Chef Alexiswandy. CARA PEMBUATAN pakasam atau ikan samu makanan khas kalsel banjar. Iwak pe sendiri, adalah jenis ikan laut yang biasa disebut ikan pari.

berikut petunjuk cara membuat Iwak samu/pekasam sapat dan ikan jelawat

  1. Ikan sepat dan ikan jelawat yang sudah dicuci bersih,tiriskan,taburkan garam ke ikan, aduk rata,diamkan kurleb 1 jam.
  2. Beras yang sudah dicuci disangrai(goreng tanpa minyak)aduk terus hingga ku kuning kecoklatan,angkat dan blender kering/ tumbuk hingga halus seperti pasir kasar.
  3. Tiriskan ikan sepat dan jelawat yang sudah ditaburi garam,hingga airnya tiris, taburi beras sangrai yang sudah dihaluskan/ditumbuk hingga ikan dan beras sangrai tercampur rata.
  4. Masukan ikan samu/ pekasan ikan sepat dan ikan jelawat kedalam toples tertutup,dan simpan dikulkas,kapan mau bisa langsung digoreng,caranya sudah ada diedisi selanjutnya diatas👆👆👆.
  5. Pekasam ikan (iwak) sapat / sepat..
  6. Pekasam ikan jelawat.
  7. Pekasam ikan jelawat goreng.
  8. Selamat mencoba yaaa,semoga berkenan....😊.

Iwak pe, lazim dijadikan menu penyetan (sego sambel). Biologi Ikan Jelawat Ikan jelawat memiliki bentuk tubuh agak bulat dan memanjang, dan merupakan ciri bagi ikan yang termasuk perenang cepat. Kepala bagian sebelah atas agak mendatar, mulut berukuran sedang, garis literal tidak terputus, bagian punggung berwarna perak kehijauan dan bagian. Pelbagai pekasam ikan air tawar seperti sepat lampam loma talapia puyu dan sebagainya. Bisanya orang mencari doa mancing ikan di laut untuk acara perlombaan mancing yang memiliki hadiah cukup besar dan hal ini juga wajib di lakukan beberapa ihtiar batin supaya apa yang anda inginkan terkabul seperti supaya mancing di laut anda mendapatkan ikan besar dan banyak.

Komentar